Mengenal Istilah dalam Coronavirus Diase (Covid-19)

PEMAPARAN penyakit akibat Coronavirus Diase (Covid-19) pertama kali terjadi di Kota Wuhan China, sejak Desember 2019. Namun seiring waktu virus ini pun menulari sejumlah penduduk dunia, termasuk Indonesia. Keberadaan virus ini di Indonesia mulai dirasakan dampaknya sekitar Maret 2020.

Satu persatu masyarakat Indonesia tertular covid-19. Memasuki April 2020, angka penularan covid-19 semakin tinggi, sehingga pemerintah harus mengambil kebijakan menyetujui pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terutama di Jakarta. Kebijakan ini mulai diberlakukan pukul 00.00 wib, Jumat (10/4/2020).

Masyarakat diminta untuk menjaga jarak, dan aparat keamanan mengawal kebijakan tersebut dengan turun langsung ke lapangan. Kebijakan ini diharapkan dapat menekan angka pemaparan covid-19. Sejak terjadinya pemaparan covid-19, muncul beberapa istilah yang harus diketahui di antaranya:



PSBB (pembatasan sosial berskala besar)

ODP (Orang dalam Pemantauan)

PDP (Pasien dalam Pengawasan)

OTG (orang tanpa gejala)

Suspeck (diduga terkena virus karena sudah menunjukkan  gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan orang positif corona)

Positif (setelah melalui cek lab dan prosedur lain)

Lockdown (mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara)

Social Distancing (menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang)

Isolasi pasien (mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang, mencegah perpindahan penyakit  dari orang yang sakit)

Karantina bagi yang sehat (mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang, mencegah perpindahan penyakit  ke orang yang sehat)

Work From Home (WFH) (bekerja dari rumah)

Imported Case (seseorang terjangkit saat berada di luar wilayah dimana pasien melapor)

Local Transmission (pasien tertular di wilayah dimana kasus ditemukan)

Epidemi (penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebaran di suatu wilayah)

Pandemi (penyebaran penyakit terjadi secara global)

*berbagai sumber

Tinggalkan Balasan