Kunjungan Kerja DP3ACSKB Babel: Susanti: Kerja Harus Didukung Tim Solid

PANGKALPINANG — Susanti Kepala DP3ACSKB Babel mengingatkan agar Dukcapil Kabupaten Bangka Barat mempunyai tim solid dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya dengan tim yang solid bisa membuat penyelesaian pekerjaan menjadi lebih cepat.

“Bentuk tim yang solid, selain itu pengusulan pejabat hendaknya menggunakan sistem online,” kata Susanti saat melakukan pembinaan Aparatur Dukcapil di Kabupaten Bangka Barat, Selasa (28/1/2020).

kegiatan pembinaan tersebut dihadiri aselon II Bidang Ekonomi Pembangunan merangkap sebagai Plt Kadis Dukcapil Kabupaten Bangka Barat. Selain itu hadir juga pejabat eselon Dinas Dukcapil, Kepala BKPSDM serta pejabat eselon terkait.

Susanti memberikan apresiasi atas kinerja aparatur Dukcapil Kabupaten Bangka Barat. Pasalnya inovasi yang telah dilakukan bisa membuat pekerjaan yang semestinya membutuhkan waktu dua hari, bisa diselesaikan dalam waktu sehari. Inovasi tersebut berdampak terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Pegawai Dukcapil mempunyai karakteristik khusus. Susanti menambahkan, sebagai pelayan masyarakat aparatur Dukcapil harus memperhatikan penampilan dengan menggunakan atribut lengkap. Jika ada kekosongan jabatan, segera mungkin dicarikan pengganti.

Susanti berharap BKPSDM Kabupaten Bangka Barat memberikan perhatian kepada pegawai berpengalaman di Dukcapil. Promosi jabatan memprioritaskan pegawai berpengalaman di bidangnya. Pengusulan, pemberhentian, pengangkatan serta mutasi pejabat Dukcapil harus berpedoman Permendagri 76 Tahun 2015.

Permendagri 76 Tahun 2015 ini mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada unit kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota.

“Selain itu, fasilitas pelayanan juga mesti mendapatkan perhatian. Tampilan gedung sebagai tempat pelayanan perlu diperbaiki. Mengenai penilaian kinerja, provinsi merupakan tim baperjakat pegawai Dukcapil kabupaten/kota,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan