Menikmati Agrowisata Asri Alami di Pesisir Timur Pangkalpinang

Sejumlah produk yang dihasilkan dari lokasi agrowisata Bangka Botanical Garden (BBG) bisa didapatkan wisatawan di pintu utama lokasi.

JIKA Anda bosan dengan suasana perkotaan, maka agrowisata Bangka Botanical Garden (BBG) bisa menjadi pilihan. Kawasan ini masih berada di wilayah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Jarak dari titik nol, pusat kota, Alun-Alun Taman Merdeka hanya sekitar 12 kilometer.

Jika ditempuh menggunakan kendaraan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 22 menit saja. Sedangkan jarak dari Bandara Depati Amir sekitar 9,5 kilometer, dengan lama tempuh menggunakan kendaraan sekitar 15 menit.

Ini merupakan satu kawasan pertanian terpadu seluas 250 hektare. Semula kawasan ini terlantar, namun kini sudah menjadi agrowisata terpadu dan sangat produktif. Sektor pertanian, perikanan hingga peternakan terdapat dalam kawasan tersebut.

Setelah lelah mengunjungi lokasi agrowisata wisatawan bisa beristirahat di kantin Bangka Botanical Garden (BBG),

Memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhi pemandangan susunan rapi pohon cemara yang terlihat membentuk kanopi. Ketika Anda berkunjung di padi hari, selain bisa menikmati udara segar juga bisa menikmati kicau burung khas Bangka Belitung.

Sementara ini sudah sekitar 160 hektare lahan dikelola sebagai lahan pertanian, perkebunan, tambak ikan, udang, peternakan sapi dan sejumlah fasilitas lainnya. Pengolahan lahan yang dimulai sejak Maret 2005 ini terus mengalami perkembangan.

Awalnya, kawasan ini sebagai lokasi pembibitan tanaman yang digunakan untuk mendukung program rehabilitasi bekas lahan tambang. Kegiatan penghijauan ini dilakukan Bangka Goes Green.

Gerakan sosial masyarakat untuk penghijauan ini digagas dan dijalankan Ir. Djohan Riduan Hasan yang juga pengelola Bangka Botanical Garden. Selanjutnya, karena luasnya lahan di kawasan pertanian terpadu Bangka Botanical Garden, aktivitas di kawasan ini berkembang.

Tidak hanya sebagai lokasi pembibitan, tapi juga menjadi lokasi pendidikan, penelitian, olahraga dan wisata. Bangka Botanical Garden telah merintis berdirinya Green Schools, memberikan pengetahuan dan pendidikan tentang perbaikan lingkungan.

Tinggalkan Balasan